Rahasia Puasa yang Nggak Kita Sadari!

Entah kita sadari atau tidak, ternyata dalam menjalankan ibadah puasa, terdapat rahasia-rahasia yang terlihat jelas, tetapi jarang orang menyadarinya. Alangkah dahsyatnya jika kita menyadari dan dapat menerapkannya di luar bulan Ramadhan. Mari langsung saja kita intip pembelajaran-pembelajaran tersebut:

  1. Keajaiban Niat

    Kita tidak pernah merasa heran ketika kita bisa menahan lapar dan haus selama sehari. Padahal jika kita tidak sedang berpuasa, setengah hari saja rasanya sudah nggak karuan. Nah, perbedaan menahan lapar saat puasa dan saat tidak puasa adalah ada pada NIAT.

    Ketika kita berniat melakukan puasa setelah tarawih atau setelah sahur, maka seketika pula otak menerima Niat kita sebagai perintah untuk diteruskan ke seluruh organ tubuh untuk memperkuat diri untuk tidak makan dan minum selama sehari penuh. Alhasil kita dapat berpuasa seharian tanpa terlalu merasa lapar dan haus, kan?

    Nah, jika kekuatan dari Niat ini kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari, pasti tidak ada lagi sesuatu yang tidak mungkin untuk kita kerjakan.

  2. Melatih kejujuran dan keikhlasan

    Puasa merupakan ibadah yang sifatnya rahasia. Artinya ibadah puasa itu hanya diketahui oleh diri kita sendiri dan Allah. Bahkan malaikat pun tidak mengetahui amalan puasa kita. Sehingga dalam menjalankan ibadah puasa, diperlukan keberanian untuk jujur dalam menjalankannya. Bisa saja kita makan atau minum ketika tidak ada orang yang melihat, tetapi disinilah kejujuran kita diuji.

    Kalau kita bisa membiasakan jujur dalam segala hal seperti halnya jujur saat kita berpuasa, pasti kita akan susah sekali untuk berbohong, dan alhasil kita akan menjadi orang yang jujur.

  3. Mengubah kebiasaan

    “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Dari perintah Allah tersebut, kita diperintahkan untuk berpuasa agar kita bertakwa. Ternyata ada hubungan antara 30 hari puasa dengan menjadi orang yang bertakwa.

    Belakangan ini diketahui melalui penelitian, untuk menjadikan diri kita terbiasa melakukan sesuatu, perlu minimal 30 hari untuk melatih kebiasaan baru itu dengan melakukannya berulang-ulang.

    Nah, kalau selama 30 hari berpuasa kita melakukannya secara istiqomah, maksudnya kita benar-benar menahan nafsu, menahan amarah serta rajin-rajin beribadah, maka setelah 30 hari berpuasa, perilaku baik itu akan menjadi kebiasaan dan akan terus menerus kita lakukan secara otomatis. Sehingga setelah 30 hari, orang tersebut Insya Allah akan menjadi orang yang bertakwa.

    Kekuatan kebiasaan ini baiknya tidak hanya kita lakukan ketika berpuasa saja. Hendaknya kita adopsi untuk membiasakan hal-hal baik lainnya, seperti bersedekah, menabung, belajar, dsb.

  4. Melatih kepemimpinan

    Ketika kita berpuasa, kita diharuskan untuk tidak makan dan minum seharian, itu ditujukan agar kita bisa merasakan penderitaan orang lain ketika mereka kekurangan. Orang dikatakan benar-benar tidak mampu ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan mereka.

    Tujuan berpuasa adalah agar kita merasakan yang mereka rasakan, sehingga kita akan lebih mudah untuk berbagi dan memberi kepada orang yang kurang beruntung.

    Diharapkan selepas Ramadhan, kita menjadi orang-orang yang suka berbagi dan memberi kepada sesama.

Nah, itu merupakan beberapa pelajaran dari banyak pelajaran yang bisa kita petik dari bulan suci Ramadhan ini. Semoga setelah kita menyadari rahasia-rahasia dan kekuatan dalam puasa tersebut, kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bertakwa. Amin.

4 pemikiran pada “Rahasia Puasa yang Nggak Kita Sadari!

  1. thanks for Sharingnya Rully, salam kenal yah teman🙂

  2. thx, , ? –
    for your information. .
    :->

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s