Mengganti Icon Menu Sony Ericsson W20i Zylo

Nah, setelah kita sudah bereksperimen dengan mengedit icon pada file .ic yang sangat ribet, maka kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk mengedit Menu dan mengedit Icon-icon pada hape Sony EricssonWinking smile

Awalnya saya tidak menyangka kalau kita bisa mengedit urutan dan isi menu pada hape SE kita. Tetapi ketidakpercayaan saya itu sirna ketika saya mencoba sendiri memakai hape saya tercinta (kasihan si Zylo, dipake eksperimen terusSleepy smile).

Catatan: Tutorial ini tak hanya bisa diaplikasikan pada SE Zylo saja, tapi juga bisa diterapkan pada semua

Mari langsung saja saya kasih tahu caranya.

Yang kita butuhkan:

1. File menu.ml original Zylo. Bisa download disini.

2. Icon (PNG) yang akan digunakan untuk mengganti icon menu original (185×121 px, wajib!).

3. Far Manager (wajibRolling on the floor laughing). Bisa download disini.

4. Notepad++ (opsional). Bisa download disini.

5. File menu.ml + icon yang telah saya modif (kalau gak mau susah-sudah editNyah-Nyah). Disini.

 

Pertama

Edit file menu.ml menggunakan Notepad++ (karena anda akan sangat kesulitan jika menggunakan notepad bawaan Windows). Pilih menu Language –> XML. Lalu kelompokkan (opsional) sehingga terlihat seperti gambar berikut ini.

Capture

 

Capture1

 

Maka kita dapat beberapa item yang menjadi bagian dari item Main Menu, yaitu:

1. PlayNow

2. InternetServices

3. Entertainment

4. Camera

5. Messaging

6. MediaCenter

7. FMRadio

8. Phonebook

9. MediaPlayer

10. Calls

11. Organizer

12. Settings

 

Nah, iten yang selain tertera di atas, berarti buka elemen dari main menu yang akan tampil di hape anda.

 

Kedua

Beri nama icon yang akan menggantikan icon standart dengan angka sesuai dengan urutan diatas. Misal: 1.png, 2.png, 3.png, dst.

Setelah itu collapse-kan salah satu menu yang akan diedit dengan klik tanpa plus di kanan elemen yang bersangkutan. Akan tampil seperti ini:

Capture2

 

Lalu edit bagian ini:

Capture3

 

menjadi:

Capture4

 

karena elem yang saya ganti adalah Messaging (urutan ke-5), maka file 5.png yang saya masukkan di sana.

Lalu ganti semua element yang  harus diganti dengan file yang benar.

Setelah semuanya selesai, simpan file menu.ml dan file .png icon-iconnya pada satu folder yang sama agar memudahkan untuk meng-upload.

Capture5

 

Ketiga

Upload semua file tersebut ke direktori berikut dengan menggunakan Far Manager:

/tpa/preset/system/menu

 

Tak perlu hapus file asli, karena akan otomatis ter-overwrite Smile

Tetapi perlu diingat, SELALU MILIKI FILE ORIGINAL-NYA, karena jika terjadi apa-apa terhadap hape anda, saya tidak bertanggungjawabBe right back

 

Setelah jadi, hasilnya akan seperti ini:

Unnamed3Unnamed2

Unnamed1

 

Sekian tutorial dari saya kali ini. Selamat Mencoba Open-mouthed smile

73 pemikiran pada “Mengganti Icon Menu Sony Ericsson W20i Zylo

  1. boz bisa minta menu.ml dan icon nya yg sudah jd ga….

  2. makasih boz,, maksih bnget… moga sukses bozzzz….

  3. mas selain zylo bsa gag?

  4. takut dech kjadian dlu balik lgi,,,
    hp K618i tersayang, chip ic hangus gra2 flashing firmware ke W660, T_T

  5. kalo ngembalikan ke semula gmana bossss

  6. menu ml yg mna bos

  7. cara uploadnya ke hp gimana boz

  8. gan mohon bantuannya nih…

    Ane kan uda download menu.ml yang custom ( edit ) … dari agan
    waktu ane pakek farm trus uda di copi waktu nyalain HP iconnya g ada gambarnya

    cuma ada lambang X..

    itu gmna gan Biar bisa ada gambarnya

  9. cara munculin teks di notepad itu gimana?
    apa lita harus nulis secara manual ?

  10. gan
    ane gk faham ni yang cara upload file yang udah di edit ke direktori berikut dengan menggunakan Far Manager:

    /tpa/preset/system/menu

    • Agan udah sukses konekin hape ke komputer dengan farmanager? Kalau udah sukses, nanti akan muncul gan folder-folder gitu. Nah, itu tadi direktori (lokasi folder) dimana file modifan harus diupload🙂

  11. itu msalahnya gan, ane gak tw cara ngonekinya?

  12. bagaimana cara mengupload ke farmanagernya?
    tolong kasih tau yah kak!🙂

    • Silahkan dibuka file rar yang udah di download. Disana ada file txt yang berisi langkah-langkah untuk meng-upload ke handphone.
      Silahkan dibaca dan mencoba. Semoga berhasil😉

  13. koq udah di upload ke far manager tetep aja gak ada perubahan yah?
    mengapa?

  14. Kak, mau tanya, tp ngga ada hubungannya sama icon😀 . Zylo ku, di bagian inbox, sent item, pokoknya di message itu kok ga muncul nama pengirim smsnya ya (cuma nomer doang), padahal nomor mereka udah ada di kontakku (ga kehapus). Kenapa yaa? Jadi bingung nih, kalo ada yg sms, gatau tu sms dari sapa😮 .
    Makasih ya kak🙂

    • wah, coba gini aja. di backup dulu contactnya ke microSD, lalu coba hapus semua contact yang ada di hape kamu. nah, setelah contact kamu kosong, coba isi satu contact aja dulu. kalau satu contact itu bisa muncul namanya, berarti memang contact-contact lama kamu yang bermasalah. semoga berhasil ya😀

  15. pake XS++ bisa ga?

  16. ngoneksi hape nya pake USB apa kabel Flash ?

  17. bro pilihan notepad++ yang di maksud yg mana bro ?
    pilihannya ada 5.
    mesti download yg mana ?

  18. kalo pake yari gemana mas ?
    kan ikon ikon zylo beda dengan yari, tempat “layanan lokasi dan game” milik yari yang tersemat dimenu berbeda dengan ikon menu zylo yang “radio dan walkman”

  19. udah sukses mas di cedar aku… thanks alot y buat tutornyaaaaa🙂

  20. kalo mau nambah tema gimana ya? saya udah download tapi ada tulisan ‘incompatible’, jadi gak bisa terus.. trims

  21. oiya, hape saya SE w20🙂

    • memang banyak tema yang tidak kompatibel dengan zylo. tapi sekarang udah lumayan banyak yang kompatibel. silahkan download dari mobile8 atau mobile24.
      atau kalau mau, agan bisa buat tema sendiri menggunakan Theme Creator yang bisa didownload dari situs sony ericsson🙂

  22. eh kang file yag udah jadinya kgak bisa di download

  23. gak ada tuh gan… hape agan zylo juga gak? kalo iya boleh donh theme zylo nya di share di sini.. thanks

  24. kang da yang udah jadi g menux???

  25. filex sulit didownload g bisa

  26. gan qw da kndla nie tdi qw slah hpus file yg da di tpa/preset/customhilang semua n hp jadinya tidak da iconx da yang punya orinya g???

  27. Gan cara mengelompokan(opsional) si notepad ++ nya gmn yah? Saya kurang paham.

  28. kang tolongin saya dong,ko folder menu.ml sya gx bisa dibuka lgi y di far manager.
    setelah terakhir sya masukin menu.ml yg sya udh sya download. sudh beberapa kali sya cba tp gx bisa dibuka, jwban”y error directory gtu. mhon bntuannya kang…..
    syukron.

    • oh, jadi menu.ml itu bukan folder gan. tapi file. jadi agan upload aja file menu.ml dan .png yang udah agan download dari blog ke: /tpa/preset/system/menu
      semoga sukses ya gan!😉

  29. numpang nanya nieh gan, ane msih nyubi.
    yg di upload ke: /tpa/preset/system/menu , menu.ml-nya aj atau beserta semua file ***.png-ny

  30. numpang nanya nieh gan, ane msih nyubi.
    yg di upload ke: /tpa/preset/system/menu , menu.ml-nya aj atau beserta semua file ***.png-ny ???

  31. hmm klw itu sya tw, yg folder tpa/preset/system/ pas folder menunya ini gx bsa dibuka jwbnnya error ajha. mhon bntuannya..

  32. kok hape zylo saya butut?? kagak bisa ngapa”in ..!!!! ada apa”y .. padahal hp baru (“>”)?

  33. tetap ajha gx bisa gan, udah beberapa kali jwbanya error ajha.
    knp y. syay bngung.

  34. thanks gan…

    si agan emg hebat deh, hp ane jd makin keren aza. makasih bnyak ya gan…

  35. gan cara ini bisa di aplikasikan ke spiro gak ???

  36. trima kasih gan, terbaik!

  37. notepad tuh sbtlnya file exe btl ngak? kok hp kmu bsa support tp hp gw ngak bisa support..

  38. gmana sich cranya spya zylo w20 aq bisa support file exe,rar dn sbgainya? Bntuin dong,soalnya uda byk file yg aq uda download cnthnya farmanager,notepad n lain2nya..tp file nya tsmpan di other doang ngak bisa di instal..jd gmna nich..

  39. Keren plus mantap tp gw ga bisa2

  40. ijin nimbrung ya gan,klo diaplikasikan ke samsung galaxy mini bisa gak gan…thks a lot

  41. waaaahhh saya gx paham.. walaupun dicoba2 tetep gx ngeti dan gx bisa…..

Tinggalkan Balasan

