Klasifikasi/Macam-macam Distro Linux

Ada yang request nie, minta ditulisin artikel tentang klasifikasi atau macam-macam distro linux yang ada. Oke langsung aja tancap…Smile

1. Menurut Rangking di Distrowatch.com

Menurut situs Distrowatch, sebuah situs yang mengulas bermacam-macam distro, dan merangkingnya berdasarkan jumlah penggunanya, maka pada terakhir saya akses (8/10/2010), saya mendapati rangking seperti berikut:

1. Ubuntu 6. PCLinuxOS
2. Fedora 7. Mandriva
3. Mint 8. Sabayon
4. openSUSE 9. Arch
5. Debian 10. Puppy


2. Menurut Induknya

Ada banyak distro induk yang selanjutnya akan melahirkan banyak distro baru, tapi tetap berbasis pada induknya tersebut. Mari kita ulas induk beserta peranakannya.

 

Berbasis Debian

Debian GNU/Linux adalah distribusi yang menekankan pada perangkat lunak bebas. Hal ini didukung pada berbagai platform perangkat keras. Debian dan distro peranakannya menggunakan paket deb. Paket manajernya adalah dpkg.

Distribusi

Keterangan

64 Studio Distro spesialis audio/video pada platform x86 maupun x64.
Damn Small Linux

Sebuah distribusi desktop Linux yang dirancang agar menjadi sangat ringan dan dapat berjalan di hardware yang lambat maupun tua.

CrunchBang Linux

Distro yang menggunakan OpenBox window manager dan GTK+ untuk aplikasinya, sehingga menghasilkan kekuatan, kecepatan dan fungsionalitas.

Knoppix

Distribusi berbasis Debian pertama yang live (dapat dijalankan tanpa melakukan instalasi)

Maemo

Distro yang khusus dikembangkan untuk perangkat handheld seperti Nokia N800, N810 dan Nokia N900 Internet Tablet dan perangkat berbasis Linux lainnya.

Ubuntu

Distro yang disponsori oleh Canonical Ltd. yang menyajikan sebuat distro lengkap yang dikemas hanya dalam ukuran satu CD saja.

Xebian Distro yang dapat diinstall pada konsol game XBOX

 

Ubuntu

Ubuntu adalah distribusi berbasis pada Debian. Masing-masing memiliki jadwal rilis yang berbeda: siklus rilis Debian adalah 2 tahun, dan Ubuntu adalah 6 bulan. Paket Ubuntu didownload dari Debian, dikemas ulang dengan nomor versi Ubuntu dan terintegrasi dengan sistem dan patch spesifik Ubuntu yang diperlukan. Ubuntu secara resmi hanya mendukung 2 arsitektur komputer; Debian, sekitar 10.

Distribusi

Keterangan

Ubuntu Server Edition

Sebuah derivatif resmi yang dibuat untuk digunakan sebagai server. Ubuntu Server mampu menangani mail, printer control, bertindak sebagai fileserver, dan bisa menjadi host LAMP dan banyak lagi.

Kubuntu

Sebuah turunan resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE, bukan GNOME yang digunakan secara default dalam Ubuntu.

Xubuntu

Sebuah turunan resmi dari Ubuntu menggunakan Xfce. Xubuntu ditujukan untuk digunakan pada komputer yang kurang kuat atau mereka yang mencari lingkungan desktop yang sangat efisien pada sistem cepat, dan menggunakan sebagian besar aplikasi GTK +.

Lubuntu

Lubuntu adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk mengarah pada turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang "ringan, hemat daya energi yang efisien dan lebih cepat", menggunakan lingkungan desktop LXDE.

Edubuntu

Sebuah sistem operasi lengkap berbasis Linux yang ditargetkan untuk pendidikan dasar dan menengah. Ini tersedia secara gratis dengan dukungan berbasis masyarakat. Komunitas Edubuntu dibangun di atas gagasan diabadikan dalam Manifesto Edubuntu: bahwa perangkat lunak, khususnya untuk pendidikan, harus tersedia secara gratis dan perangkat lunak yang harus digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka. Sejak versi 8.04, Edubuntu sekarang telah bernama Ubuntu Education Edition dan telah dibuat sebagai add-on untuk sistem operasi Ubuntu.

Ubuntu Netbook Edition

Dirilis pada tahun 2008, Netbook Edition adalah turunan resmi dari Ubuntu yang dirancang untuk netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom.

Chromium

OS milik Google yang akan digunakan pada tablet mereka.

dan banyak lagi turunan yang tak kan cukup bila dituliskan disiniOpen-mouthed smile

 

 

Berbasis RPM

Red Hat Linux dan SUSE Linux adalah distribusi asli yang menggunakan format file RPM, yang sekarang dipakai dalam beberapa sistem managemen paket. Keduanya kemudian dibagi menjadi distribusi komersial dan didukung komunitas. Red Hat Linux dibagi menjadi distribusi yang didukung komunitas yang disponsori oleh Red Hat, lalu disebut Fedora, dan distribusi komersial didukung oleh Red Hat Enterprise Linux.

Distribusi

Keterangan

Fedora Distribusi yang didukung oleh Red Hat Enterprise Linux.
Mandriva Linux

Distribusi yang mudah diakses melalui Control Center nya yang unik.

Red Hat Linux Bercabang ke Fedora Core dan Red Hat Enterprise Linux. Rilis resmi terakhir adalah Red Hat Linux 9 pada Maret 2003.
SUSE Linux

Distribusi linux desktop yang populer di Eropa, yang dikembangkan oleh Novel, Inc.

 

Berbasis Slackware

Slackware dikenal sebagai distribusi yang dapat disesuaikan dengan menekankan kemudahan pemeliharaan dan keandalan software canggih dan alat-alat otomatis. Umumnya dianggap sebagai distribusi untuk pengguna tingkat lanjut, sering disarankan untuk mereka yang ingin belajar cara kerja dalam sistem operasi Linux.

Distribusi

Keterangan

Slackintosh

Sebuah port tidak resmi dari Slackware untuk arsitektur PowerPC.

SLAX

Sebuah live CD yang populer yang memberikan menyediakan desktop lengkap untuk penggunaan umum. Instalasi lengkap sangat tidak disarankan, karena memang didesain sebagai live CD saja.

Topologilinux

Didesain untuk berjalan dalam Microsoft Windows, Topologilinux bisa diinstall tanpa merubah harddisk pengguna.

 

Seperti itulah klasifikasi distribusi linux yang saya ketahui, berikut saya lampirkan beberapa screenshot distribusi ternamaOpen-mouthed smile

 

Screenshot

 

Debian 5.0 (Lenny)

Fedora 14 (Laughlin)

Linux LiveDVD, release 10.1

Mandriva Linux 2010.1

openSUSE 11.3 with KDE SC 4.4

Slackware 13.1

Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)Slax Standard Edition 6.1.2

Linux Mint 10 ("Julia")

 

Pohon Distribusi

2000px-Gldt1009.svg

2 pemikiran pada “Klasifikasi/Macam-macam Distro Linux

  1. ijin copy buat tugas boleh????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s